Facial yang Aman di Masa pandemi COVID-19

26 September 2020

Di masa pandemi corona, banyak aktivitas yang tidak dapat dilakukan seperti sebelum pandemi. Salah satunya adalah perawatan kulit wajah (facial). Mungkin ada salah satu dari kalian yang takut keluar rumah dan perawatan di beauty clinic selama pandemi. Menurut profesor epidemiologi dari New York University's School of Global Public Health, Robyn Gershon, MHS, DrPH, risiko penularan COVID-19 di salon dapat terjadi karena waktu kontak yang cukup dekat dan lama saat perawatan. Namun apabila lama dibiarkan tidak mendapatkan perawatan yang tepat, kulit wajah dapat tidak terawat dan memerlukan penanganan yang lebih kompleks.

Tips aman untuk perawatan facial selama pandemi COVID-19:

1. Pastikan kamu sehat 100% tanpa gejala

Kondisi tubuh yang sehat menjaga keselamatan kamu dan orang sekitar. Jika kamu merasa tidak sehat atau kurang fit, walaupun gejalanya sangat ringan, sebaiknya hindari atau tunda perawatan. Kondisi tubuh yang tidak fit dan imunitas yang turun dapat meningkatkan risiko untuk terkena virus corona.

2. Pastikan kamu sudah memiliki reservasi dan tidak menunggu lama untuk treatment 

Ada kalanya kamu tidak dapat langsung melakukan treatment atau perawatan jika langsung datang. Agar kamu tidak datang sia-sia dan harus menunggu lama untuk dapat melakukan perawatan, sebaiknya buat dulu reservasi dan pastikan kamu tidak ada janji atau kegiatan lain setelahnya. Setelah selesai perawatan, segera pulang untuk mandi dan ganti baju.

3. Pastikan beauty clinic yang dikunjungi telah menetapkan protokol kesehatan dan keselamatan selama treatment

Beauty clinic yang baik tentunya sudah menyiapkan protokol kesehatan yang menjamin kesehatan, keselamatan dan kenyamanan pasien saat perawatan. Sebelum memilih beauty clinic, cari tahu dan tanyakan bagaimana prosedur kesehatan selama perawatan di masa COVID-19. Karena waktu yang dibutuhkan untuk perawatan cukup lama (minimal 1 jam), pastikan jangan pilih beauty clinic yang kurang maksimal menerapkan protokol kesehatan. Beberapa tempat menyediakan perlengkapan sekali pakai untuk memastikan kebersihan dan keselamatan selama tindakan.

4. Pastikan peralatan yang digunakan baru dan bersih. Lebih baik lagi jika perawatan nya sekali pakai langsung dibuang. Jika harus digunakan bersamaan, pastikan selalu disterilkan sebelum dan sesudah digunakan.

Beberapa peralatan yang digunakan selama perawatan ada yang dapat digunakan personal used (sekali pakai), seperti spons untuk membersihkan muka, handuk, sarung tangan, penutup kepala, kemben dan alas tempat tidur. Namun ada juga beberapa peralatan yang harus dipakai bergantian. Pastikan beauty clinic sudah mensterilkan seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan. Pastikan ruangan terjaga kebersihan nya dan rutin dibersihkan dengan desinfektan dan disterilkan.

5. Hindari pembayaran dengan uang tunai.

WHO menyarankan untuk berhenti menggunakan uang tunai dalam melakukan transaksi pembayaran untuk mencegah penyebaran virus corona. Virus corona dapat hidup bertahan di permukaan uang selama beberapa hari. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pembayaran non tunai dan pilihlah beauty clinic yang bisa menerima berbagai metode pembayaran non tunai. Lebih untung lagi jika ada promo cashback juga ya.

6. Segera pulang dan ganti baju setelah selesai treatment

Setelah selesai treatment, segera pulang ke rumah untuk mencegah kontak yang tidak perlu yang meningkatkan risiko terpapar virus. Segera mandi dan ganti baju jika memungkinkan ya.

 
Jadi, setelah membaca tips ini, jangan takut lagi untuk melakukan perawatan (facial) ya. Jangan lupa untuk tetap menggunakan masker setiap keluar rumah ya. 

ait!

Get 10% off for your first order by signing up your email